Menu

Contoh PTK SKI Kelas V MADRASAH IBTIDAIYAH

March 27, 2016 | PTK Kelas 5, PTK MI

Contoh PTK SKI Kelas V MADRASAH IBTIDAIYAHContohPTK.com,- Keberhasilan belajar siswa tidak semata-mata ditentukan oleh kemampuan yang dimilikinya, tetapi juga ditentukan oleh minat, perhatian dan motivasi belajarnya. Sering ditemukan siswa yang mempunyai kemampuan tinggi, akan tetapi gagal dalam belajarnya disebabkan oleh kurangnya minat, perhatian, dan motivasinya. Minat, perhatian, dan motivasi pada hakikatnya merupakan usaha siswa dalam mencapai kebutuhan belajarnya.

Sehingga dibuatlah Contoh laporan PTK SKI Kelas V MADRASAH IBTIDAIYAH lengkap“ dengan judul PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH  UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SKI POKOK BAHASAN MENGENAL PERISTIWA HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW KE YATSRIB KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH  atau bisa juga JUGA UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SKI POKOK BAHASAN MENGENAL PERISTIWA HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW KE YATSRIB DENGAN METODE INDEX CARD MATCH KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

Oleh sebab itu, studi mengenai kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran menjadi bagian penting dalam menumbuhkan minat, perhatian, dan motivasi para siswa. Berbagai alat penilaian untuk minat, perhatian, dan motivasi belajar para siswa dapat digunakan; pengamatan terhadap kegiatan belajar siswa, wawancara kepada siswa, studi data pribadi siswa, kunjungan rumah, dialog dengan orang tuanya, dan lain sebagainya. Dengan informasi mengenai minat, perhatian, dan motivasi belajar para siswa, guru harus berusaha meningkatkan dan menumbuhkan minat, perhatian, dan motivasi belajarnya, baik secara intrinsik maupun secara ekstrinsik, terlebih lagi bagi para siswa yang kemampuannya relatif kurang.

Contoh PTK SKI Kelas V MADRASAH IBTIDAIYAH

Dalam kenyataan di kelas V MI , minat belajar siswa rendah dalam mata pelajaran SKI. Agar dapat menambah minat belajar siswa dalam proses belajar mengajar yang lebih menyenangkan, maka dengan metode Index Card Match dalam pembelajaran SKI diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa, sehingga siswa dapat melakukan belajar aktif, cermat dan membantu memperkuat proses pemahaman materi pokok mata pelajaran SKI. Karena dalam proses belajar mengajar metode merupakan salah satu unsur penting yang akan mempengaruhi hasil belajar.

Contoh PTK SKI Kelas V MADRASAH IBTIDAIYAH dengan Metode Index Card Match adalah metode yang dipandang dapat menyenangkan siswa dan dapat meningkatkan minat belajar siswa untuk menyerap materi pelajaran yang diajarkan oleh guru, sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran mata pelajaran SKI pada materi pokok mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib secara optimal. Berdasarkan pemaparan di atas, maka peneliti berusaha membuktikan bahwa melalui metode Index Card Match dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI pokok bahasan mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.

  1. Penegasan Istilah untuk Contoh PTK SKI Kelas V MADRASAH IBTIDAIYAH

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran setelah diterapkan metode pembelajaran aktif Contoh PTK SKI Kelas V MADRASAH IBTIDAIYAH Index Card Match. Untuk memperjelas dan lebih jelas dalam pengkajian, maka peneliti perlu menegaskan beberapa istilah yang menjadi kajian dalam penelitian ini. Berikut ini adalah beberapa istilah yang perlu ditegaskan antara lain :

  1. “Minat (interest): berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu”. Minat merupakan aspek utama yang dibahas dalam penelitian ini, terlebih dari segi peningkatannya. Oleh karena itu, penegasan tentang minat perlu lebih diperhatikan.
  1. “Belajar : suatu proses yang terjadi secara bertahap (episode). Episode tersebut terdiri dari informasi, transformasi, dan evaluasi. Informasi menyangkut materi yang akan diajarkan, transformasi berkenaan dengan proses memindahkan materi, dan evaluasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melihat sejauh mana keberhasilan proses yang telah dilakukan oleh pembelajar dan pengajar”. Selain keterangan tersebut, siswa belajar tergantung pada suasana kelas yang sesuai dengan perkembangan anak. Pada usia kelas V, anak menginginkan suasana belajar yang menyenangkan.
  1. “Siswa : merupakan makhluk yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapannya. Siswa bukanlah benda yang bersifat statis. Namun mereka adalah individu yang dinamis yang memiliki karakteristik tertentu pada setiap tahap perkembangannya”.3 Perkembangan siswa perlu diperhatikan dalam pembelajaran, agar hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan.
  1. “Metode : Metode mengajar merupakan cara yang berisi prosedur baku untuk melaksanakan kegiatan kependidikan, khususnya kegiatan penyajian materi pelajaran kepada siswa. Bagian penting yang sering dilupakan orang adalah strategi mengajar yang sesungguhnya melekat dalam metode mengajar”. Metode pembelajaran sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Dengan metode, guru akan mudah melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.
  1. “Index Card Match : merupakan strategi pembelajaran aktif, dimana siswa disuruh aktif mencari pasangan kartu yang telah didapatkannya. Setelah semua peserta menemukan pasangannya dan duduk berdekatan, maka setiap pasangan secara bergantian membacakan soal yang diperoleh dengan suara kcras kepada teman-teman lainnya. Sclanjulnya soal terscbut dijawab oleh pasangannya demikian seterusnya”. Dengan menjodohkan kartu soal dan jawaban, siswa akan lebih aktif mencari pasangan kartu tersebut. Siswa yang membawa kartu soal membacakan soal kemudian siswa yang lain akan membacakan jawaban sesuai dengan soal yang telah dibacakan siswa sebelumnya.

Jika ada yang ditanyakan silahkan hubungi kami

Related For Contoh PTK SKI Kelas V MADRASAH IBTIDAIYAH