Menu

Contoh PTK PAUD RA dan TK Kegiatan Mozaik

March 21, 2016 | PTK PAUD TK

Contoh PTK PAUD Kegiatan Mozaik – ContohPTK.com,- Menurut Husein dkk (dalam Sumantri, 2002) Anak Usia Dini berada pada masa lima tahun pertama yang disebut The Golden Years. Masa ini merupakan masa emas perkembangan anak. Anak pada usia tersebut mempunyai potensi demikian besar untuk mengoptimalkan segala aspek perkembangannya, termasuk perkembangan keterampilan motoriknya artinya perkembangan keterampilan motorik sebagai perkembangan unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh.

pada kesempatan kali ini kami akan memberikan Contoh PTK PAUD Kegiatan Mozaik dengan judul  UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA SISWA USIA 4-5 TAHUN DI TK atau judul ini bisa dirubah seperti ini PENGGUNAAN KEGIATAN MOZAIK PADA SISWA USIA 4-5 TAHUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS DI TK.. silahkan untuk nama TK bisa diganti dengan nama TK sendiri.

ptk paud tk mozaik

DOWNLOAD PTK PAUD LENGKAP KEGIATAN MOZAIK

Berdasarkan uraian masalah dan penelitian terdahulu peneliti merancang sebuah pembelajaran Dengan membuat sebuah Laporan PTK PAUD Lengkap melalui permainan yang menarik yang sesuai dengan prinsip yaitu “Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mozaik Pada Siswa Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak.

Berdasarkan penjelasan didalam buku Santrock (2007) keterampilan motorik halus melibatkkan gerakan yang diatur secara halus. Salah satu media yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus adalah kegiatan mozaik karena menggunakan keterampilan tangan dan ketelitian yang tinggi dengan menggunakan gunting atau alat potong lainnya yang dapat menggerakkan atau menstimulasi keterampilan motorik halus anak dengan memotong kertas warna dan menempel potongan kertas dengan lem parekat diciptakan keanekaragaman hasil karya mozaik dengan berbagai bentuk dan warna.

dilihat juga

Contoh PTK PAUD KARTU HURUF BERGAMBAR
Contoh PTK PAUD MEDIA FINGER PAINTING

Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir yang telah diuraikan di atas, hipotesis penelitian ini adalah peningkatan keterampilan motorik halus dengan kegiatan mozaik dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, khususnya pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak.

Berbagai cara dapat dilakukan oleh guru dan orang tua untuk mengembangkan atau meningkatkan keterampilan motorik halus yaitu dengan kegiatan mozaik akan berguna dalam merencanakan dan mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak melalui kegiatan bermain sambil belajar.

Berdasarkan data yang diperoleh melalui observasi prasiklus, siklus I dan siklus II  dalam PTK PAUD INI membuktikan bahwa kegiatan mozaik membantu guru untuk peningkatan keterampilan motorik halus yang menarik dan bervariatif. Hasil penelitian peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mozaik ini mendukung penelitian yang relevan sebelumnya yaitu penelitian dari Lolita Indraswari (2011) yang sama-sama meneliti motorik halus dengan menggunakan media mozaik. Berdasarkan hasil observasi penelitian dari peneliti diatas, PTK PAUD TENTANG kegiatan mozaik telah meningkatkan keterampilan motorik halus.

DAN KESIMPULAN DARI CONTOH PTK PAUD DENGAN KEGIATAN MOZAIK ADALAH

Peningkatan hasil belajar tersebut dibuktikan pada lembar observasi anak pada siklus II mengalami peningkatan yaitu bahwa anak yang mendapat kategori Kurang (K) sebanyak 0 anak atau (0%), anak yang kategori Cukup (C) sebanyak 4 anak atau (16%) dan anak yang kategori sebanyak 21 anak atau (84%). Dilihat dari peningkatan keterampilan motorik halus anak dari siklus I hingga siklus II keberhasilan yang diharapkan telah memenuhi kriteria yang ditentukan yaitu lebih dari 75% dengan persentase sebesar 84%.

Jika ada yang ditanyakan silahkan hubungi kami

Related For Contoh PTK PAUD RA dan TK Kegiatan Mozaik