Menu

Contoh PTK PAI/Agama Kelas 4 SD dengan MODEL PEMBELAJARAN LKS INTEGRATIF

April 1, 2016 | PTK Kelas 4, PTK PAI, PTK SD

Contoh PTK PAI/Agama Kelas 4 SD   dengan MODEL PEMBELAJARAN LKS INTEGRATIFContohPTK.com,- Pembelajaran   Agama Islam di  SD Negeri  dengan cara mencari tahu tentang  pengalaman spiritual yang berhubungan dengan  Tuhan,   Ilmu Agama Islam bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan  Dogma Islam. Pendidikan   Agama Islam di   Sekolah Dasar diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan  Alloh SWT. Pendidikan   Agama Islam menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami  agama yang selami ini dijalankannya. Pendidikan  Dasar diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang  alam semesta dan Tuhan.

MAKA JUDUL Contoh PTK PAI/Agama SD Kelas 4 Lengkap adalah PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LKS INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP TATA CARA SHOLAT  LIMA WAKTU PADA SISWA KELAS IV SDN

 Download Contoh PTK PAI SD Kelas 4 Lengkap

Contoh PTK PAI/Agama SD Kelas 4  dengan MODEL PEMBELAJARAN LKS INTEGRATIF

Dari hasil wawancara dengan   guru   Agama Islam  beliau mengatakan bahwa selama proses pembelajaran   Agama Islam belum terdapat lembar kegiatan siswa (LKS) yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa hanya cenderung mencatat, mendengarkan penjelasan dari guru dan menghafalkan konsep saja. Pada pokok bahasan   mengenal   Islam yang sudah diajarkan pada kelas I, pengajarannya tidak memberikan konsep yang kuat dibenak siswa. Dimana guru memberikan perbandingan, menjelaskan dan menyimpulkan  pentingnya   ajaran Islam, berdasarkan  ceramah tanpa ditunjang dengan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan  yang digunakan untuk melakukan  ceramah seperti yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa kurang dapat menerapkan apa yang dipelajarinya dengan kehidupannya dan pelajarannya pun menjadi kurang bermakna. Gambaran awal siswa tentang  LKS Integratif belum diketahui oleh siswa dan  sebelumnya siswa tidak mengenal materi pokok pelajaran   Agama Islam secara parsial saja. Hal ini berakibat siswa cenderung kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), maka hasil belajar merekapun juga kurang memuaskan.

untuk file lengkapnya silahkan Contoh PTK PAI/Agama SD Kelas 4  silahkan download

Mata Pelajaran Agama Islam di SD masih termasuk dalam pelaksanaan kurikulum terbatas pada sekolah tertentu, sehingga penyusunan Lembar Kegiatan Siswa belum ada. Melihat fenomena tersebut, peneliti ingin mencoba menerapkan model pembelajaran integratif dan menggunakan Lembar Kegiatan Siswa sebagai penunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dimana Kekhasan dari model pembelajaran integratif ini antara lain penyajian data atau konsep-konsep dalam tabel atau grafik maupun peta sehingga siswa lebih mudah dalam menjelaskan, mengajukan hipotesis dan mengambil kesimpulan. “ Proses pemahaman konsep-konsep materi dengan model integratif ini menfokuskan pada kemampuan berfikir observasi yang mendasar, sehingga bersifat terbuka yang dapat menaikkan keberhasilan siswa, interaksi tingkat tinggi dan langkah belajar yang cepat ” (Astutiningrum, 2001 : 5).

Pembelajaran  Agama Islam perlu dilakukan dengan pendekatan  ketrampilan proses yang melibatkan rasa ingin tahu siswa dan menggiatkan aktivitas mental dan fisik siswa dengan suatu metode pengajaran tertentu. Salah satu alternatif pendekatan pembelajaran   Agama Islam adalah pendekatan CTL. Pendekatan pembelajaran ini berdasarkan pada konteks yang tidak terbatas hanya dikelas tetapi selalu dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari merupakan ciri dari pendekatan kontekstual. Keterlibatan siswa dalam pendekatan pembelajaran ini sangat efektif dari pada sistem pengajaran tradisional. Pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching And Learning (CTL) mempunyai pengertian pembelajaran yang membantu guru menghubungkan mata pelajaran dengan situasi dunia nyata dan pembelajaran yang memotivasi siswa agar menghubungkan pengetahuan dan tercapainya dengan kehidupan sehari-hari sebagai anggota keluarga dan masyarakat (Kasihani, 2001). Pembelajaran kontekstual yang merupakan suatu konsepsi yang membantu guru mengkaitkan konten mata pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, warganegara dan tenaga kerja (Nur, 2001).

 

Related For Contoh PTK PAI/Agama Kelas 4 SD dengan MODEL PEMBELAJARAN LKS INTEGRATIF