Menu

Contoh PTK IPA KELAS 3 METODE DISCOVERY

March 14, 2016 | PTK Kelas 3, PTK SD

Contoh PTK IPA Kelas 3 SD Materi energi Panas– ContohPTK.com,- Rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III juga disebabkan oleh guru kelas III SD Negeri kurang kreatif, dalam kegiatan mengajar hanya berceramah saja, media kurang lengkap, metode kurang bervariasi serta kurang melibatkan siswa, mendominasi waktu dalam kegiatan belajar mengajar, membatasi kreatifitas siswa oleh karena itu kami memberikan contoh PTK IPA SD Kelas 3 dengan judul Upaya MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III dengan menggunakan METODE DISCOVERY, atau juga bisa judul  PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III

ptk SD Metode Discovery

Contoh PTK IPA KELAs 4 METODE DISCOVERY

Selain itu, siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA tidak berani menjawab pertanyaan dari guru pada awal pelajaran, siswa tidak berani bertanya, konsentrasi siswa dalam pembelajaran rendah, sebagian besar siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru, hanya siswa tertentu saja yang aktif dalam diskusi kelas. Ketika proses pembelajaran berlangsung sebagian besar siswa tampak sudah mengusai pelajaran. Setiap pertanyaan yang iajukan guru kepada siswa hampir semua di jawab dengan benar tetapi begitu pelajaran berakhir pada hari berikutnya ditanya sudah tidak ada yang bisa menjawab. Rendahnya nilai rata-rata hasil belajar IPA menghambat tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Dengan banyaknya nilai siswa di bawah KKM peneliti berusaha memberikan alternatif tindakan atau solusi yaitu menerapkan metode discovery dengan memanfaatkan media gambar dalam pembelajaran IPA materi pokok pertumbuhan makhluk hidup. Penerapan metode discovery dengan memanfaatkan media gambar mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD.

Beberapa keunggulan metode discovery/penemuan juga diungkapkan oleh Suherman, dkk (2001: 179) sebagai berikut: 1) Siswa aktif dalam kegiatan belajar, sebab ia berpikir dan menggunakan kemampuan untuk menemukan hasil akhir; 2)Siswa memahami benar bahan pelajaran, sebab mengalami sendiri proses menemukannya. Sesuatu yang diperoleh dengan cara ini lebih lama diingat; 3)Menemukan sendiri menimbulkan rasa puas. Kepuasan batin ini mendorong ingin melakukan penemuan lagi sehingga minat belajarnya meningkat; 4) Siswa yang memperoleh pengetahuan dengan metode penemuan akan lebih mampu mentransfer pengetahuannya ke berbagai konteks; 5) Metode ini melatih siswa untuk lebih banyak belajar sendiri.

Metode discovery bila diterapkan dalam pembelajaran IPA dengan materi struktur pertumbuhan dan perubahan manusia pada siswa kelas III SD Negeri  sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Karena penggunaan metode discovery ini guru berusaha untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Sehingga metode discovery memiliki keunggulan sebagai berikut: (a) Teknik ini mampu membantu siswa untuk mengembangkan, memperbanyak kesiapan, serta panguasaan ketrampilan dalam proses kognitif/pengenalan siswa, (b) Siswa memperoleh pengetahuan yang bersifat sangat pribadi/individual sehingga dapat kokoh atau mendalam tertinggal dalam jiwa siswa tersebut, (c) Dapat meningkatkan kegairahan belajar para siswa. Sehingga hasil belajar IPA siswa dapat meningkat dan tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik.

Berdasarkan uraian dari kerangka pikir, maka dapat dirumuskan hipotesis tindakan penggunaan media gambar dalam penerapan metode discovery diduga dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD Negeri.

Jika ada yang ditanyakan silahkan hubungi kami

Related For Contoh PTK IPA KELAS 3 METODE DISCOVERY