Menu

Contoh PTK Bahasa Indonesia SD Kelas 5 dengan Media Lagu

April 2, 2016 | PTK Kelas 5, PTK SD

Contoh PTK Bahasa Indonesia  Kelas 5  SD dengan Media Lagu ContohPTK.com, didalam rambu-rambu GBPP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang berkaitan dengan pengajaran sastra disebutkan bahwa (1) Pembelajaran bahasa perlu memperhatikan prinsip-prinsip pengajaran, antara lain yang lebih mudah  dari yang hal-hal yang dekat ke yang jauh, dari yang sederhana ke yang rumit, dari yang di ketahui  ke yang belum diketahui, dari yang kongkrit ke yang abstrak, (2) Pembelajaran sastra dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa mengapresiasikan sastra berkaitan erat dengan latihan mempertajam perasaan, penalaran dan daya khayal, serta kepekaan terhadap masyarakat, budaya dan lingkungan hidup, dan (3) Pemilihan bahan sastra dikaitkan dengan tema. Seandainya guru mengalami kesulitan dalam mendapatkan bahan sesuai dengan tema yang dipilih maka bahan pembelajaran sasrta boleh tidak sesuai dengan tema yang disajikan. Hal ini terkait dengan tujuan kelas V, yakni siswa mampu membaca karya sastra dengan pengahayatan dan memahami berbagai cara pengungkapanperasaan dan gagasan dalam karya sastra. Terkait dengan itu, didalam butir pembelajaran kelas V  semester pertama terdapat butir pembelajaran tentang pembelajaran puisi, Butir pembelajaran tentang puisi tersebut adalah, (1) Membaca puisi, kemudian mendeklamasikan atau melagukan, (2) Menuliskan pengalaman pribadi yang paling menarik dalam bentuk puisi. Selanjutnya dan butir tujuan pembelajaran II  pertama ini merupakan tujuan dalam kegiatan nengajar penelitian tindakan kelas ini.

contoh ptk bahasa indonesia kelas 5

Contoh PTK Bahasa Indonesia SD Kelas 5 Lengkap  dengan Media Lagu

Pembelajaran apresiasi puisi yang diajarkan di SD Negeri    ______ mulai kelas I, merupan salah satu materi pembelajan sasrta yang lebih sulit dan banyak menimbulkan masalah dari pada apresiasi karya sastra yang lainnya (Prosa) Pembelajaran apresiasi puisi yang seharusnya dapat sangat menyenangkan malahan menjadi momok yang membosankan dan sekaligus menakutkan, baik bagi guru maupun siswa, Guru yang cenderung mengajarkan apresiasi puisi secara sepotong-sepotong, dengan bahan yang kirang disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa serta menggunakan pendekatan yang tidak dipdukan dengan empati aspek ketrampilan berbahasa (menyimak, berbicara membaca dan menulis), akan menyebabkan siswa tidak terkondisi pembelajaran apresiasi puisi.

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran apresiasi puisi adalah dengan pemilihan bahan pembelajran yang digemari siswa. Salah satu bahan puisi yang banyank digemari siswa adalah lagu. Sekarang ini banyak syairnya puitis yang beredar dimasyarakat dan di gemari oleh siswa. Lagu dapat dipakai sebagai alat dan bahan pembelajaran apresiasi puisi. Tentu saja lagu tersebut harus disesuakan dengan tingkat perkembangan siswa.

Secara material, lagu memiliki “tema” yang berhubungan dengan kehidupan manusia (Maley, 1937). Tema tersebut dapat dimanfaatkan sebagai perkembangan bahan pembelajaran. Dengan demikian, penelitian lagu sebagai bahan pembelajar dapat disesuaikan dengan tema yang ada dalam GBPP. Selin itu, lagu juga dapat disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa.

Secara material lagu memiliki (tema) yang berhubungan dengan kehidupan manusia (Maley, 1987). Tema tersebut dapat dimanfaatkan sebagai perkembangan bahan pembelajaran. Dengan demikian, sumber  lagu sebagai bahan pembelajaran dapat disesuaikan dengan tema yang ada dalam GBPP. Selain itu, lagu juga dapat digunakan sebagai sumber belajar.

silahkan download Contoh PTK Bahasa Indonesia SD Kelas 5  dengan Media Lagu

membuat Contoh PTK Bahasa Indonesia SD Kelas 5  dengan Media Lagu menjadikan Guru yang berkualitas, dalam melaksanakan tugasnya menurut Breen dan Cardlin (dalam Richard dan Rogers, 1990) mampu mengembangkan tiga peranan pokok. Pertama, sebagai pemberi kemudahan dalam proses komunikasi dengan semua siswa dan untuk berbagai kegiatan dalam kelas. Kedua mampu melibatkan diri dalam kelompok belaja mengajar secara penuh Implikasi keterlibatannya adalah mampu berfungsi sebagai : (a) Pengorganisasian sumber belajar dan menjadi sumber belajar bagi siswanya, (b) Pembimbing dalam setiap langkah KMB, dan (c) Peneliti . Ketiga dapat berperan sebagai penganalisa kebutuhan. Penyuluh dan pengolah proses belajar kelompok (Richard dan Rogers, 1990).

Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia sering kali berada dalam suasana rutinitas sehingga menimbulkan rasa bosan dan jenuh. Kondisi pembelajaran seperti itu sulit memenuhi pencapaian tujuan pembelajaran yang kondusif, mampu membangkitkan motivasi belajar, mampu mengembangkan kemampuan dan ketrampilan siswa. Kondisi itu, dapat diciptakan guru antara lain dengan memilih dan membersihkan penggunaan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang dikembangkan. Disamping itu, pemilihan materi yang pembelajaran yang aktual dan sesuai dengan kebutuhan siswa akan sangat mempengaruhi kondisi pembelajaran tersebut.

Bernyanyi merupakan suatu kegiatan mengungkapkan pikiran kritis dan perasaan melalui nada dan kata-kata yang terpilih (Jamalus, 1988). Dengan demikian., nyanyian dapat dijadikan sarana pembelajaran Bahasa dan dapat digunakan untuk mengembangkan motivasi, pengalaman dan pengetahuan. Pernyataan tersebut didasarkan pada hakekat nyanyian atau lagu sebagai alat untuk mengungkapkan pengalaman, pengetahuan, perasaan bati, dan sikap atau pandangan hidup, memberikan dorongan dan sebagainya. Siswa  SDN _______ sebagian besar mengalami kesulitan dan pembelajaraan apresiasi puisi. Hal itu disebabkan : (1) Pendekatan dan metode pembelajarn apresiasi didomonasi oleh pendekatan struktural bukan humanistik, (2) Bahan pembelajaran apresiasi puisi yang pilih guru kurang variatif dan kurang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa (kurang sesuai dengan prinsip dari mudah dan sukar,atau dari sederhana ke kompleks) dan, (3) Siswa terkondisi dalam situasi pembelajaran yang terindoktrinasi, kurang :bebas terarah”  sehingga mereka kurang berkesempatan mengekspresikan kemampuan apresiasinya secara maksimal. judul untuk Contoh PTK Bahasa Indonesia SD Kelas 5  dengan Media Lagu yaitu UPAYA Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Apresiasi Puisi Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Dengan Menggunakan Media Lagu   di  Kelas V SD Negeri    ______ Kecamatan  ______ Kabupaten   ______ Tahun Pelajaran  ____ / _______”

Related For Contoh PTK Bahasa Indonesia SD Kelas 5 dengan Media Lagu